[REVIEW] Valeton GP200lt dan GP200jr : The Best All-Rounder Budget Multi-effect Guitar Processor!

[REVIEW] Valeton GP200lt dan GP200jr : The Best All-Rounder Budget Multi-effect Guitar Processor!

Kalau kita mau berbicara tentang efek gitar, biasanya ada 2 model : Analog & Digital. Perbedaan utama dari Analog & Digital itu adalah kalau Analog memproses efek suara dengan komponen analog dalam suatu pedal, sedangkan Digital memproses suara dengan proses digital yang ada dari software yang digunakan. 

Multi-effect Guitar Processor masuk kedalam kategori Digital tentunya, dan kebetulan di artikel kali ini yang akan dibahas adalah produk dari brand Valeton, yaitu GP200lt & GP200jr.

Valeton GP200ltGP200jr
Sekilas kalau dilihat sih mirip ya...Tapi tentunya ada sedikit perbedaan antara GP200lt dengan GP200jr.

Untuk sekarang kita lihat dulu persamaan dari kedua efek ini : 

  • Less bulky with unyielding experience
  • The same HD modeling technology and platform used on the GP-200 delivers the pure, organic tones
  • 24-bit 44.1kHz audio conversion
  • Over 240 high quality effects - 140+ legendary guitar/bass/acoustic amps, cabinets - 100+ dynamic/distortion/frequency/modulation/delay/reverb effects
  • Supporting 20 user IRs storage
  • 255 patch slots (99 factory, 156 user)
  • 180-second looper
  • 100 high quality drum patterns
  • Sensitive built-in chromatic tuner
  • Customizable LED footswitches with footswitches templates, applicable for various situations
  • 4.3-inch TFT LCD presents an intuitive, user-friendly multi-language UI
  • USB Type-C connection audio interface compatible with Win/Mac/iOS/Android systems
  • Intuitive Win/Mac editor
  • Rugged cast metal chassis
  • DC 9V power supply

Kalau dilihat dari segi spec secara tertulis terlihat sangat padat dengan berbagai fitur. Dengan total 240 pilihan efek yang bisa digunakan, jumlah kombinasi yang bisa kalian buat di multi-efek Valeton ini luar biasa banyak!

Secara personal, gue pun juga menggunakan Valeton GP200lt dan menurut saya, sound yang dihasilkan cukup oke dan jelas. terutama untuk bagian efek modulasinya sangat luar biasa jelas.

Interfacenya juga sangat mudah untuk digunakan. Meskipun tidak ada fitur touchscreen, tetapi berkat dari model interface yang intuitif dan grafis memebuat saya bisa menggunakan & setup Valeton Gp200lt saya dengan sangat mudah & efisien.

Fitur utama yang membuat saya suka dengan efek ini adalah setiap fungsi dari switchnya bisa diganti sesuai dengan kebutuhan. Entah switchnya mau diganti menjadi untuk ganti efek atau untuk ganti bank? Semuanya bisa! Bagi saya, ini adalah fitur yang paling membantu saya dalam penggunaan live performance.

Salah satu fitur yang gue suka juga adalah ternyata oh ternyata, Valeton Gp200lt & Gp200jr bisa digunakan sebagai audio interface! Cukup dengan menggunakan kabel ujung type C langsung ke PC / Laptop "Windows" atau "Mac", sekejab akan berubah menjadi audio interface dan lewat dari hal ini ada banyak sekali skenario yang bisa kalian lakukan.

Misalkan kalian mau recording gitar langsung ke PC / Laptop tanpa perlu beli / menggunakan exteral soundcard? Colok langsung ke PC! Atau kalian lagi mau mengajar gitar online tapi ingin suaranya bersih layaknya seperti hasil gitar yang diproses? Colok langsung ke PC dan gunakan plugin driver Valeton yang tersedia*.

Ditambah lagi dengan ukurannya yang sangat compact, ini menjadikan Valeton GP200lt / GP200jr bisa dibawa untuk nge-gig dengan sangat mudah. Saking compactnya, pedal ini bisa dibawa masuk kedalam tas / case gitar pada umumnya.

Nah, itu adalah review & impresi gue dalam menggunakan Valeton Gp200lt. Saya sendiri sudah menggunakan efek ini cukup lama jadi gue bisa yakinkan secara personal kualitas dari pedal Valeton ini.

Yang jadi pertanyaannya adalah perbedaan dari GP200lt & GP200jr apa saja? 

  1. Di GP200jr, jumlah switch dibandingkan dengan GP200lt berkurang 1 (dari 4 menjadi 3), tetapi sebagai gantinya ada expression pedal di sisi kanan.
  2. Ada colokan XLR balanced di bagian belakang I/O GP200jr, sedangkan di GP200lt tidak ada (tetapi ada balanced output juga).
  3. Harga GP200lt pada saat artikel ini dibuat adalah IDR 3.976 juta, sedangkan GP200jr adalah IDR 4.275 Juta. Luar biasa affordable sekali!

Jadi, singkat kata menurut gue, Valeton GP200lt & GP200jr sangat ideal terutama untuk gitaris yang mungkin baru start belajar multi-efek, juga ideal untuk gitaris yang membutuhkan multi-efek yang bisa diandalkan baik untuk latihan casual maupun live gig!

Efek Valeton GP200lt & GP200jr semua ready di Nafiriguitar.com

*Valeton Driver Plugin untuk Windows / Mac bisa didownload gratis di website www.valeton.net

Review Score : 8 / 10

ブログに戻る