SLX Guitar : Apa yang Membuat Gitar Ini Luar Biasa?

SLX Guitar : Apa yang Membuat Gitar Ini Luar Biasa?

Belakangan ini di Nafiri Music Store, ada 3 brand yang lagi trending dibicarakan di komunitas gitar yaitu Soloking, SQOE, dan SLX Guitar. Untuk Soloking dan SQOE sih sudah banyak yang menilai bahwa ini adalah brand baru yang memiliki nilai / value luar biasa oke, tapi SLX guitar?

Ternyata oh ternyata...belum banyak yang mengenal brand gitar ini loh!? Memang, brand SLX Guitar ini masih termasuk sangat baru jadi gue sendiri ga heran kalau banyak yang belum mengenal gitar ini. Jadi kali ini gue akan mencoba untuk menjelaskan secara singkat(?) tentang SLX Guitar dan alasan kenapa gitar ini luar biasa dan sangat direkomendasikan.

APA ITU SLX GUITAR?

Singkat kata sih SLX Guitar adalah brand gitar baru di Nafiri Music dan dibuat di Indonesia. Design dan spesifikasi SLX Guitar dibentuk berdasarkan dari sudut pandang sisi Luthier dan Player. Lewat dari sudut pandang inilah kenapa SLX Guitar mampu membuat gitar dengan spesifikasi lengkap dan luar biasa berkualitas. Saat ini ada 3 series yaitu Hawk (strat), Raven (tele), dan Eagle (les paul).


APA YANG MEMBUAT SLX GUITAR LUAR BIASA BERBEDA?

It's all about Spec & Price. Yang membedakan SLX Guitar dengan gitar lainnya adalah ternyata brand ini bisa dibilang termasuk "ALL-OUT" untuk dari segi harganya yang cukup bersahabat. Banyak banget hal-hal spesifikasi disini yang nantinya akan membuat kalian takjub berkat dari kualitas spesifikasi yang digunakan, baik dari segi material, parts dan beberapa aspek fitur lainnya.

SPESIFIKASI LUAR BIASA?

YEP! Gue akan langsung menjelaskan berbagai spesifikasi di SLX Guitar ini dan tentunya gue juga akan menjelaskan alasan personal. Untuk contoh kali ini gue akan menggunakan SLX Hawk Classic series sebagaimana series ini adalah series terpopuler dari brand ini.

SLX Guitar

  • American Alder body
  • 25.5 scale length
  • Flame Roasted Chocolate Maple Neck with Augmented D Shape
  • Neck Thickness 1F:21mm 12F:22.5mm
  • Roasted Flame Maple fretboard with Abalone Inlay
  • 22 Blacksmith Medium Jumbo Stainless Steel Frets with 9,5 radius (Fret Size 2.4mm x 1.4mm)
  • Spokewheel Truss Rod for easy access and neck adjustment
  • 1 Volume + 1 Tone + 5 way US Metric switch
  • Mini Toggle for Coil Split
  • Tortoise Pickguard
  • Ivory plastic parts
  • Nubone XB 42mm Nut
  • SLX Staggered Locking Tuner Chrome
  • SLX 2 Point Tremolo System with Steel Saddles and Steel Block (40mm)
  • String spacing 10.8 mm
  • SLX Alnico V Classic Renegade HSS Set with chrome humbucker cover
  • String with D Addario XL 10-46
  • Made in Indonesia
  • Price : IDR 6,750,000.00

BODY MATERIAL : American Alder

"Bayangin aja SLX guitar sudah menggunakan AMERICAN ALDER loh di harga segini. Banyak banget gitar lain yang masih berkompromi dari segi ini, misalnya gitar dengan harga dibawah 7 jutaan biasanya banyak yang masih menggunakan seperti Poplar, Mahony, Alder. Perlu diperhatikan bahwa suatu gitar jika ditulis menggunakan Alder itu bukan berarti menggunakan AMERICAN Alder loh karena Alder pun ada banyak jenis. American Alder adalah jenis Alder dengan kualitas terbaik yang biasanya suka digunakan di gitar kelas premium."

NECK MATERIAL & SHAPE : Flame Roasted Chocolate Maple Neck & Flame Roasted Maple Fretboard (Satin Finish) with Augmented D Shape

"Nah, ini yang menurut gue cukup menarik. Di jaman sekarang sih memang sudah banyak yang menggunakan Roasted Maple, tapi kalau Flame Roasted Maple? Ini baru jarang banget! Belum lagi SLX memilih dengan menggunakan Flame Roasted Chocolate Maple dengan grade baik sehingga kalian bisa langsung melihat efek hologram / chatoyancy dari pattern Flame tersebut. Yang gue juga suka disini adalah shapenya Augmented D membuat neck gitar ini LUAR BIASA NYAMAN untuk dimainkan baik untuk tangan kecil seperti gue ataupun tangan yang lebih besar."

FRETBOARD MATERIAL : 22 Blacksmith Medium Jumbo Stainless Steel Frets

"Ini juga cukup menarik. mayoritas dari gitar dibawah 7 juta biasanya masih banyak menggunakan Nickel, bahkan brand ternama pun juga menggunakan Nickel dan kalaupun ada gitar yang menggunakan Stainless Steel, umumnya yang digunakan biasanya lebih mengarah seperti generic Stainless Steel Frets (tidak ada brand).
Blacksmith Frets merupakan brand parts asal Korea dan juga dikenal dengan quality yang luar biasa oke banget. Ketika gue mencoba langsung, gue merasakan fretnya luar biasa mulus dan licin, membuat gue sangat nyaman untuk memainkan vibra dan bending. Secara Personal sih gue merasakan level quality dari Blacksmith Frets setara dengan Jescar US Frets.

TUNING-RELATED PARTS : NuBone XB 42mm nut + SLX Staggered Locking Tuner Chrome & SLX 2 Point Tremolo System with Steel Saddles and Steel Block (40mm)

"Dari segi tuning sih gue uda test langsung dan hasilnya sangat oke. Kombinasi Staggered Locking Tuner + 2 Point Tremolo System with Steel Saddles and Steel Block sih sudah tidak perlu diragukan lagi. Yang menarik disini adalah kalian perlu memperhatikan ketebalan dari Steel Blocknya yaitu 40mm dan percaya atau tidak, ini luar biasa berpengaruh dalam kestabilan bridge gitar karena banyak sekali gitar yang masih menggunakan block tipis.
Nubone XB nut juga sangat membantu sekali dalam kestabilan tuning dari SLX guitar ini."

PICKUP : SLX Alnico V Classic Renegade HSS Set with chrome humbucker cover

"Nah kalau bicara tentang kualitas dan karakteristik pickup sih jawabannya akan selalu relatif berbeda karena setiap orang punya taste dan preferensi unik. Tapi secara personal gue merasakan clarity dari single coil pickupnya luar biasa jernih dan punchy. Untuk bagian humbuckernya sih memang suaranya lebih mellow karena menggunakan pickup cover, tapi claritynya masih cukup terdengar jelas dan tentunya efek tambahan dari menggunakan cover membuat suara humbuckernya menjadi lebih tebal. Level dari pickup ini mengarah mid gain."

Sekarang kalian sudah mengenal tentang SLX guitar, dan bayangkan kalian bisa mendapatkan gitar dengan spec & kualitas seperti ini dengan harga dibawah 7 juta loh...ini bukan cuma deal bagus, tapi ini deal LUAR BIASA BAGUS! Kalau gue sih personal sangat suka dengan SLX Guitar apalagi setelah gue test dan hasilnya luar biasa enak & nyaman.

TAPI KALAU HARGA DIBAWAH 7 JUTA, BUKANNYA MASIH BANYAK BANGET OPSI LAINNYA YA?

Memang betul faktanya masih banyak sekali gitar lain sepert Squier, Ibanez dengan harga dibawah 7 juta.

tapi...coba kita pikir baik-baik...

Gitar apa yang bisa memberikan spec yang sama seperti diatas? Mungkin sejauh ini hanya Soloking Guitar dan tidak ada yang lain. Dari hal ini saja sudah langsung menjelaskan bahwa SLX Guitar memang LUAR BIASA!

Jadi, apalagi yang perlu diragukan dari SLX Guitar? Lebih baik kalian segera gas gitar ini sebelum kehabisan karena stock terbatas!

SLX Guitar ready di Nafiriguitar.com

Back to blog